26. Menjuduli Puisi

Bagi beberapa penyair menentukan judul seringkali menjadi hal yang paling sulit. Namun, hal yang sebaliknya bisa terjadi pada beberapa penyair yang lain. Tak jarang juga beberapa penyair memilih untuk tidak menjuduli puisinya karena mungkin dirasanya tak ada judul yang cukup mewakili puisinya itu.

Ada yang mengambil (sebagian) baris pertama atau terakhir menjadi judul puisi. Ada yang memberi judul yang sama sekali tak terasa kaitannya dengan puisi. Ada pula penyair yang menjuduli karyanya dengan setting tempat maupun waktu (titimangsa) saat puisi itu dituliskan. Ada penyair yang menuliskan judul terlebih dahulu sebagai titik berangkat puisinya. Ada yang mencari judul belakangan.

Bagaimanapun, judul puisi yang baik haruslah memiliki daya pikat tersendiri yang memancing, merangsang, mengajak, sekaligus mengantarkan pembaca kepada ruang dalam sebuah puisi. Tidak semua puisi memerlukan judul, memang. Tetapi judul yang provokatif mungkin bisa menambah angka statistik jumlah pembaca karya kita.

Paling tidak, sebuah judul puisi bisa membantu penyair menyusun daftar isi untuk buku kumpulan puisinya.

Reply