49. Apa Sih di Dunia Ini yang Bukan Puisi?

Pertanyaan di baris judul di atas tentunya akan mengundang kernyit di kening. Memangnya semua hal di dunia ini puisi? Terus apa puisi itu? Nah, pertanyaan apa puisi itu sulit sekali dijawab.

Secara sempit pengertian puisi sudah kita pahami bersama sebagai salah satu genre sastra yang unik bentuknya dan sering diseberangkan dengan genre prosa, seperti cerpen, novel, juga drama. Dalam pengertian ini puisi merupakan padanan dari kata poetry dalam bahasa Inggris, sedangkan individu karya puisi sering disebut sajak atau sanjak sebagai padanan dari poem.

Ada juga yang mengartikan puisi secara sangat luas. Puisi dipandang sebagai ungkapan interaksi dunia dalam seseorang dengan dunia luar. Dari pandangan inilah judul di atas berhulu. Semua hal di dunia ini bagi seorang penyair adalah puisi. Ia hanya perlu sedikit ruang sunyi di sebuah sudut yang tidak diperhatikan orang lain. Dari situ ia dapat memandang hal-hal dari sudut yang lain pula, sudut pandang yang tidak dilihat orang kebanyakan.

Sudahkah kau temukan sudut itu, Penyairku?

5 Replies

  1. metha Reply

    yang saya cari pengertian puisi dan drama dalam bahasa inggris

  2. rendra reso Reply

    poetry is literature work by the writer conveys intend to the reader it will be known by exploring every phrase,and poetry is the institut of language.beside that coz puisi gw jadian ma cewek ku syg….! great poetry.!

  3. sella Reply

    saya sudah tahu itu semua yang saya cari sekarang pngrtian mengenai baris judul dalm komputer………..

    m e n g e r t i

  4. dian noviana Reply

    betul banget.everything that happens in this world is poetry.knapa y…jawabnya gini.salah satu kelebihan seorang penyair adalah kemampuan nya dalam memandang sesuatu secara unik, lalu menuangkannya dalam bentuk kata2 yang well-arranged.dimana dalam kalimat sesingkat mungkin, dibandingkan dengan prosa dan drama tentu saja, mereka harus mampu menggiring penikmat seni untuk masuk dan meresapi isi puisi tersebut.kalau diperhatikan secara detail, semua hal tentang hidup ada dalam puisi.sedih, senang, sebel, cinta sejati, cinta omong kosong, sesal, dll.,smuanya ada dalam puisi. pertanyaan nya skg, kok bisa? ya bisa aja dong, kan penyairnya adalah salah satu ciptaan tuhan yang diberi kemampuan lebih untuk dapat memandang kehidupan dan mengemasnya dalam bahasa yang terkadang membuat kita impressed.

  5. Emma Reply

    apa pengertian puisi??

Reply