106. Saat Penyair Tak (Lagi) Gelisah

MUNGKIN ada kau baca di beberapa buku “how-to” tentang bagaimana berpuisi. Mungkin ada kau temukan beberapa dalil semisal “penyair adalah orang yang selalu gelisah” atau “penyair harus menjaga dirinya tetap gelisah untuk menghasilkan sajak-sajak yang kuat” atau semacam itu. Bahwa kegelisahan adalah sumber tenaga puitik, tak perlu disoalkan lagi, mereka yang telah cukup lama bertekun di jalan ini pasti mengalaminya.

Lalu ada satu hal lagi. Penyair adalah orang yang bersyair, yang menulis puisi. Saat ia berhenti menulis sajak, berhentilah ia sebagai penyair. Begitu pula profesi lain, arsitek misalnya, saat ia tak berkarya arsitektur ia tak menjadi arsitek walaupun ia memiliki ijasah dari sekolah arsitektur.

Lalu ini: saat seorang penyair tak lagi gelisah, haruskah ia berhenti menulis puisi, atau dengan kata lain, berhenti menjadi penyair? Haruskan seseorang selamanya menjadi penyair? Selamanya gelisah? Bukankah orang yang gelisah melulu adalah orang yang belum bertemu jawaban hidupnya? Bukankah memelihara kegelisahan adalah mendekap kegelapan? Lalu apa yang akan terjadi ketika kau bertemu hakikat Puisi, tercerahkan batinmu hingga seluruh kegelisahan lenyap?

Jangan mau menjadi penyair selamanya, Penyairku. Sebab tujuanmu bersyair adalah menguji kegelisahan-kegelisahanmu, bukan memelihara mereka sepanjang hayatmu. Menjadi penyair adalah langkah mula-mula. Sebab puncak segala gerak adalah Diam. Dan saat itu tiba, puisimu tak lagi memerlukan bahasa. Kau tak perlu menjadi penyair lagi, dan itu tak akan merisaukanmu.

Dan Tuhan Mahamendengar!

4 Replies

  1. MOVIED Reply

    KEGELISAHAN MEMANG SUATU HAL YANG BISA BIKIN SESEORANG BISA MENCURAHKAN ISI HATINYA DENGAN PERASAAN YANG KUAT.OTAK SELALU BEKERJA TANPA HENTI,MUNGKIN DISITULAH SUATU YANG HAKIKI TERLIHAT DENGAN JELAS,YANG TIADA KEMUNAFIKAN.SEPNDPAT AJA,ASAL JANGAN LARUT DALAM KEGELISAHAN YANG BISA MEMBUAT KITA JADI TANPA SEMANGAT DALAM BERKARYA.
    (kegelisahan memang)

  2. Ken Reply

    Tuhan tidak tidur…

  3. mademoizell3 Reply

    sayangnya aku bukanlah seorang penyair ^^
    tapi aku suka situs ini d(^_^)b
    – saya yang masih harus banyak belajar

  4. mitra w Reply

    hmmm…

    kalo ga gelisah juga bisa kook… :'(

    ^_^

Reply