Puji

ijinkanlah kami memuji NAMAMU. seperti kami memuja nama-nama kami sendiri, yang kami curi dari sifat-sifatmu, yang kami rontokkan dari pohon buah-buahan dari hutan silsilah kami. ijinkanlah kami menghujat namamu. seperti kami menghujat nama-nama yang bukan kami, yang kami curi dari sifat-sifatmu pula, yang kami lempari dengan buah-buahan yang rontok dari hutan silsilah kami.

ijinkalah kami memujimu dengan tembang, dengan kidung, dengan puisi. dengan syair, dengan sihir, dengan ilusi. kami membawa buku-buku penuh pujian padamu, cara kami menipu diri. sesungguhnya kami tak pernah lupa mengingat namamu, tak pernah berhenti memuja nama-nama KAMI sendiri. ijinkanlah kami memuja gambarmu, tulisan namamu, atau suara sajak-sajakmu dengan tipuan mata kami, dengan lidah liur kami, dengan sirosis hati kami, dengan gagap jantung kami, dengan bengek nafas kami, dengan perut kami yang buncit penuh doa-doa, dengan janggut kami yang gondrong keriting oleh mantra, dengan turban yang membebat luka-luka aib kami sendiri.

ijinkanlah kami melempari monumen-monumenmu. merutukimu dengan batu-batu asmamu, sambil melagukan syair-syairmu yang lain. mengutukimu dengan nama-namamu jua, sambil melagukan puja nama-namamu yang lain. ijinkanlah kami memuji nama-namamu, seperti kami menyekutukan nama-nama kami yang lain. puja-puji kami, kutuk-serapah kami. padamu JUA semua kembali.

Reply